Mukjizat, Rahasia Dan Makna Dibalik Halaman Awal Al-Qur'an

Mukjizat Al-Quran itu menyangkut gambaran susunannya yang menakjuban, uslub-uslubnya yang aneh dan berbeda pula uslub-uslub yang biasa berlaku dalam bahasa Arab, serta berbeda pula dari nizham dan natsar yang berlaku di kalangan mereka. Semua yang dikemukakan dalam Al-Quran berbeda, dan baik sebelumnya ataupun sesudahnya tidak pernah dijumpai hal yang serupa dengannya, serta tidak ada seorang pun yang mampu membuat sesuatu yang serupa dengannya.

Mukjizat, Rahasia Dan Makna al-Qur'an
image by. Needa News

Kebanyakan hanya mengetahui tulisan didalam al-Qur'an saja dan terjemahan. Jika kita cermati susunan yang terkandung didalamnya yang meliputi halaman, nomor surat, jumlah ayat, juz, tanda 'ain, dan jumlah ayat ini mempunyai banyak pesan dan makna yang menakjubkan. Langsung kita simak ulasanya lengkap dibawah ini.

Angka 6236 Sebagai Jumlah Ayat Al-Qur'an
angka 6236 yang merupakan isi atau jumlah ayat yang terdapat dalam al-Qur'an, ditampilkan dengan:

angka 6 : Jumlah barisan ayat pada halaman 2
angka 2 : Nomor halaman 2
angka 3 : Nomor halaman 3
angka 6 : Jumlah barisan ayat pada halaman 3
Angka-angka dihubungkan secara berputar seperti putaran orang yang sedang Thawaf.
(lihat halaman 2 dan 3 Al-Qur'an)

Angka 114 Sebagai Jumlah Surat Al-Qur'an
Angka 114 adalah sama dengan jumlah semua surat di dalam al-Qur'an, didapat dari jumlah ayat dipampatkan dengan angka dari masing-masing nomor halaman dan ditambah dengan angka 2 yang diambil dari angka 1. Datang pertanyaan kenapa bisa halaman 1?. Walaupun halaman hanya memuat judul al-Qur'an dan tidak memuat ayat-ayat dari surat, dia tetap merupakan bagian awal dari al-Qur'an yang tetap harus diperhitungkan. Perhitunganya akan terlihat sebagai berikut:

Jumlah 7 ayat dihalaman 2, dihitung menjadi 7 pangkat 2 dan hasilnya adalah 49
Jumlah 4 ayat dihalaman 3, dihitung menjadi 4 pangkat 3 dan hasilnya adalah 64
Nomor Halaman awal al-Qur'an adalah 1
Jadi kalau kita jumlah semua hasil dari pembahasan diatas bahwasanya, 49 + 64 + 1 = 114
(Lihat halaman 1,2, dan 3 al-Qur'an)

Angka 30 Sebagai Jumlah Juz didalam Al-Qur'an
kita sudah ketahui bahwa jumlah juz didalam al-Qur'an itu berjumlah 30 juz, dapat kita lihat dari hasil deret hitung jumlah ayat dihalaman 2, yaitu angka 7, yang hasil penjumlahan dari seluruh  komponen angkanya adalah 28, yang kemudian ditambahkan dengan nomor halaman 2. Simak pembahasanya dibawah ini:

Nomor ayat dari surat al-Fatihah : 1+2+3+4+5+6+7 = 28
Nomor halaman al-Qur'an adalah : 2
Jadi 28 + 2 = 30

Surat al-Fatihah yang ada pada halaman 2 tadi adalah surat yang wajib hukumnya untuk dibaca pada setiap rakaat saat menjalankan shalat, baik itu shalat fardhu maupun shalat sunnah. Al Fatihah juga dikenal sebagai "Ummul Kitab", Ulumul Qur'an dan Induk Al-Qur'an.

Angka 30 yang didapat dari penjumlahan angka-angka pada halaman 2, disamping mengingatkan tentang banyaknya juz didalam al-Qur'an sebanyak 30 juz itu sendiri. Dimana biasanya surat-surat yang dibaca setelah pembacaan al-Fatihah pada waktu melakasanakan shalat, diambil dari juz 30 ini. Surat yang jumlahnya ayatnya sedikit, atau biasanya juga dikenal dengan surat-surat pendek.

Halaman 3 al-Qur'an
Jika pada halaman 3 ini kita lakukan dengan hal yang sama seperti diatas, maka akan didapatkan angka 13. Karena tadi pada halaman 2 yang berisi tentang surat al-Fatihah mengingatkan kita pada surat yang wajib dibaca pada waktu shalat. Dan angka 13 ini sama seperti banyaknya rukun shalat itu sendiri. Simak pembahasan dibawah ini:

Nomor ayat surat al Baqarah : 1 + 2 + 3 + 4 = 10
Nomor halaman al-Qur'an : 3
Jadi penjumlahan dari hasil diatas akan ditemukan 10 + 3 menjadi 13.

Kemudian angka 13 ini ditambah dengan jumlah dari hasil perhitungan pada halaman 2 yang menghasilkan sebanyak 30, maka akan terlihat seperti hitungan dibawah ini,

Penjumlahan dari 13 + 30 = 43

Mari kita simak hasil dari penjumlahan tersebut yang menemukan hasil angka 43, jika kita lihat dari urutan surat didalam al-Qur'an, akan melihat surat Az Zukhruf yang berarti (perhiasan) sesuai dengan hiasan yang mewarnai ke 2 halaman tersebut, yaitu halaman 2 dan halaman 3. Salah satu yang membedakan kedua halaman al-Qur'an tersebut dengan halaman-halaman yang lainnya.

Arti dari Perhiasan tersebut adalah tegaknya nilai-nilai agama Islam yang berlandaskan al-Qur'an dan Sunnah ini didalam kehidupan yang nyata. Seperti pesan Nabi Muhammad SAW, berikut ini:
"Shalat itu tiang agama, siapa yang mendirikan shalat berarti dia telah berjasa menegakkan agama. Dan siapa yang meninggalkan shalat, berarti dia telah meruntuhkan dan menghancurkan agama".

Pada surat pertama al-Fatihah yang posisinya berada disebelah kanan halaman al-Qur'an menyiratkan akan adanya angka 30, angka yang berasal dari deret hitung angka 1 sampai angka 7 sebagai jumlah ayat (1+2+3+4+5+6+7), yang kemudian ditambahkan dengan angka 2 (28+2=30) dari nomor halaman.

Angka 13 yang didapat pada halaman 3 al-Qur'an berasal dari deret hitung angka 1 sampai dengan angka 4 (1+2+3+4=10) sebagai jumlah ayat dari surat ke 2 al-Baqarah yang ada pada halaman 3, jumlah angka ini kemudian ditambahkan dengan angka 3 (10+3=13) dari nomor halaman.

Surat al-Fatihah tadi kita hubungkan dengan surat yang wajib hukumnya untuk dibaca pada waktu menjalankan shalat, dan angka 13 ini juga berkaitan dengan rukun yang juga wajib hukumnya untuk diterapkan pada saat melaksanakan ibadah shalat. Maka angka 13 disini dapat dikatakan mewakili manusia yang terikat oleh 13 rukun shalat, atau bisa disamakan dengan adanya 13 aturan Allah SWT yang seharusnya memang dipatuhi pada saat seseorang melaksanakan ibadah shalat. Pesan lain yang sebenarnya dari aturan Allah SWT itu adalah, bahwa rukun juga harus dipatuhi dan ditegakkan oleh seluruh umat Islam pada kehidupan sehari-hari, karena pesan peribadatan sholat tidak berhenti sebatas pada shalat secara ritual saja. Dan tentunya yang dimaksud dengan aturan Allah itu adalah, aturan atau ketetapan Allah yang telah digariskan di dalam al-Qur'an. Sehingga nilai ibadah shalat seseorang, seharusnya berdampak positif di dalam kehidupan kesehariannya.

Demikian ulasan ini admin sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini kita lebih cinta kepada al-Qur'an. Dan istiqomah mengamalkan dan membacanya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan semoga dapat bermanfaat, jika ada masukan ke kami silahkan komentar untuk memberi masukan kepada kami.