7 Dosa Wanita yang Paling Dibenci Allah SWT

Setiap wanita muslim tentu sangat mengharapkan kehidupan yang bahagia dan mulia, baik di dunia mapun diakhirat. Untuk mendapatkan kebahagiaan dan kemuliaan tersebut, wanita muslim harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dilakukan, dan syarat yang paling utama adalah agar selalu menghiasi kehidupan di dunia dengan senantiasa melakukan amal kebajikan serta sekuat mungkin menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan kemaksiatan.

Dosa Wanita yang Paling Dibenci Allah SWT

Untuk menghindarkan diri dari dosa, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui perbuatan-perbuatan apa terlebih dahulu yang dapat mendatangkan/mengakibatkan dosa. Banyak orang yang merasa tidak terjebak dalam dosa padahal sejatinya dia sedang melakukannya. Hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan mereka tentang dosa tersebut, sehingga mereka terus-menerus melakukannya setiap hari. Terkadang juga mereka sudah tahu dosa, namun dia selalu melakukannya.

Dosa adalah perbuatan yang melanggar perintah Allah SWT dan mengerjakan larangan Allah SWT, padahal perintah dan larangan tersebut sudah sangat jelas dicantumkan dalam Qur’an dan Hadis. Untuk mengetahui sebuah perbuatan termasuk dosa atau tidak, Rasulullah Saw, memberikan ciri-cirinya, seperti dalam hadis berikut :

Telah menceritakan kepadaku Harun bin Sa’id Al Aili; Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Wahb; Telah menceritakan kepadaku Mu’awiyah yaitu Ibnu Shalih dari ‘Abdur Rahman bin Jubair bin Nufair dari Bapaknya dari Nawwas bin Sim’an dia berkata; “Saya pernah tinggal bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam selama satu tahun di Madinah. Saya tidak dapat pergi hijrah (bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) karena adanya suatu masalah.” Seseorang dari kami apabila berhijrah biasanya tidak menanyakan tentang sesuatupun kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Kemudian saya bertanya kepada Rasulullah tentang kebaikan dan dosa. Lalu beliau bersabda: ‘Kebaikan adalah budi pekerti yang baik, sedangkan dosa adalah apa yang terlintas/terdetik dalam dadamu dan kamu tidak suka jika hal itu diketahui orang lain.’ (HR.Muslim)”

Dari Hadis diatas dapat kita lihat bahwa secara fitrah, manusia akan merasa terusik jiwanya, akan hilang ketentramannya, tertekan dan gelisah ketika melakukan perbuatan dosa sekalipun manusia membenarkan perbuatannya tersebut. Sedangkan menurut Ulama besar Imam Al-Ghazali, dosa terbagi menjadi dua, yaitu dosa besar dan dosa kecil. Pandangan Imam Al-Ghazali ini berdasarkan firman Allah dalam Q.S An-Nisa’ ayat 31.

Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)”. (Q.S An-Nisa’:31)

Setelah kita mengenali akan perbuatan dosa, kita akan terbantu untuk menjauhkan diri dari genggamannya, sekaligus memperbanyak pahala. Konsep dosa berfungsi sebagai kendali dalam kehidupan. Kalau orang sudah tidak percaya dengan dosa, berarti ia sudah tidak punya kendali untuk membatasi gerak-geriknya. Nah pada artikel yang kami bagikan ini mengenai 7 Dosa Wanita  yang Paling Dibenci Allah. Simak tuntas dibawah ini:

1. MENCUKUR ALIS DAN BERTATO

Kita sadari bersama, sebagian besar wanita pasti ingin tampil cantik kan?, tampil sempurna dan menawan. Cara yang dilakukan agar bisa tampil cantik tentu banyak sekali, seperti menggunakan pakaian yang gaul, membeli aneka perhiasan termasuk melakukan diet dan olahraga lainnya yang bisa membuat tubuh terlihat lebih indah.

Dengan kemajuan teknologi, alat-alat untuk kecantikan wanita juga banyak bermunculan termasuk cara-cara baru yang digunakan untuk memperindah penampilan. Salah satunya adalah dengan mencukur alis dan menggantinya dengan garis tipis menggunakan pensil alis yang dimodel melengkung. Memang alis yang tebal dan tidak beraturan dianggap tidak cocok dengan zaman sekarang. Hal ini yang membuatnya harus dimodifikasi dengan berbagai cara atau bahkan diganti. 

Dalam hal untuk mempercantik dan memperindah anggota tubuh, para ulama memiliki 2 pandangan. Pertama, mempercantik dan memperindah anggota tubuh untuk menghilangkan cela yang bukan dibawa sejak lahir, seperti karena kecelakaan, maka hukumnya dibolehkan. Kedua, mempercantik dan memperindah anggota tubuh bukan karena cela yang baru datang, cara inilah yang tidak diperbolehkan dan dinilai berdosa. Rasulullah Saw bersabda dalam hadisnya sebagai berikut :

Telah mengabarkan kepada kami Ahmad bin Sa’id ia berkata; telah menceritakan kepada kami Wahb bin Jarir ia berkata; telah menceritakan kepada kami Bapakku ia berkata; Aku mendengar Al A’masy menceritakan dari Ibrahim dari Alqamah dari Abdullah ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat Wanita yang mentato, wanita yang merenggangkan giginya dan wanita yang mencukur bulu alis dengan mengubah ciptaan Allah Azza Wa Jalla.” (H.R An-Nasai)

Dalam hadis diatas, yang termasuk kedalam perkara-perkara yang dibenci Allah Swt, adalah mencukur alis dan menggunakan tato. Pembuatan tato menggunakan jarum yang ditusuk-tusukkan kebagian tubuh, kemudian mengalirkan tinta kedalam bekas tusukan jarum tersebut. Pada zaman sekarang tak jarang kita saksikan wanita-wanita yang memakai tato dengan dalih sebagai gaya wanita modern yang gaul, dan model-model yang digunakan biasanya juga menyesuiakan dengan dunia wanita, seperti kupu-kupu dan bunga. Dalam hal ini Rasulullah Saw juga bersabda :

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair; Telah menceritakan kepada kami Bapakku; Demikian juga telah diriwayatkan dari jalur yang lain; Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb dan Muhammad bin Al Mutsanna; Dan lafazh ini milik Zuhair keduanya berkata; Telah menceritakan kepada kami Yahya yaitu Al Qaththan dari ‘Ubaidullah; Telah mengabarkan kepadaku Nafi’ dari Ibnu ‘Umar bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat orang yang menyambung rambut dengan rambut lain dan yang meminta disambungkan, serta orang yang mentato dan minta untuk ditato. Dan telah menceritakannya kepada ku Muhammad bin ‘Abdullah bin Bazi’; Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Mufadhdhal; Telah menceritakan kepada kami Shakr bin Juwariyah dari Nafi’ dari ‘Abdillah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dengan Hadits yang serupa”. (H.R Muslim)

2. BERDANDAN SECARA BERLEBIHAN

Berdandan secara berlebihan, seperti menggunakan parfum dengan aroma yang tercium kemana-mana. Hal ini akan memancing hasrat kaum laki-laki, serta mengundang mata untuk menatap terus menenus. Juga seperti menggunakan perhiasan dipasang mencolok. Kemudian ia datang berjalan dihadapan para lelaki dengan lenggokan tubuh dengan tujuan agar mereka tergoda, maka wanita seperti inilah yang akan dibenci oleh Allah SWT. Rasulullah Saw bersabda :

Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya berkata, telah mengabarkan kepada kami Tsabit bin Umarah berkata, telah menceritakan kepadaku Ghunaim bin Qais dari Abu Musa dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Jika seorang wanita memakai wewangian, lalu sengaja melewati suatu kaum agar mereka mencium baunya, maka ia adalah begini dan begini.” Beliau mengatakan itu dengan intonasi yang keras.”

Seorang Wanita yang berdandan secara berlebihan serta diiringi dengan niat untuk memamerkan kepada kaum lelaki, akan menimbulkan banyak fitnah dan gosip yang dapat merusak ketentraman dalam hidup. Apalagi wanita itu telah berkeluarga, tentu akan menimbulkan konflik di dalam keluarganya. Oleh karena itu, anda berhati-hatilah dalam berdandan. Menjaga diri dari segala hal yang dapat menimbulkan fitnah.

3. SUKA MERATAP DAN MERAUNG-RAUNG

Secara umumnya, wanita memiliki perasaan yang lebih sensitif dan halus dibandingkan lelaki. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, wanita lebih mudah untuk menangis dan terkena hatinya. Salah satu contohnya adalah ketika seorang wanita ditinggal mati oleh orang yang disayangi, seperti anak dan suami. Pada saat seperti inilah seorang wanita biasanya akan berpeluang untuk meratap dan meraung-raung. Bahkan menjambak-jambak rambutnya, mengeluarkan banyak perkataan yang kurang baik.

Perilaku ini sama sekali tidak mencerminkan wanita yang berakhlak. Dalam mengadapi musibah, seorang muslimah diajarkan untuk bersikap sabar dan tabah, karena setiap musibah yang terjadi adalah ketentuan dan ujian dari Allah SWT dan pastinya setiap musibah memiliki hikmah yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup. Dalam persoalan ini, Rasulullah Saw bersabda :

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Jabir Al Muharibi dan Muhammad bin Karamah keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dari ‘Abdurrahman bin Yazid bin Jabir dari Makhul dan Al Qasim dari Abu Umamah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat wanita yang mencakar-cakar wajahnya, wanita yang menyobek kantong bajunya dan wanita yang berdoa agar binasa dan rusak.”

Seorang Wanita yang meratap dan meraung-raung diatas dikarenakan musibah yang menimpanya, disebabkan oleh ketidak ikhlasannya pada takdir Allah SWT, maka jelas ia telah melakukan perbuatan dosa. Disisi lain, perbuatan tersebut juga akan membukakan pintu masuk untuk dosa-dosa yang lain. Seperti, prasangka buruk terhadap ketentuan Allah, kufur nikmat dan melaknat diri sendiri. Maka sudah sepantasnya bagi seorang muslimah agar bisa menjaga kestabilan emosinya dalam menghadapi setiap kejadian yang sudah ditentukan oleh Allah SWT, ketika mendapat nikmat tidak terlalu berlebihan dalam merayakannya dan ketika mendapat musibah tidak berlebihan dalam menyikapinya apalagi sampai meratap dan meraung-raung.

4. TIDAK ADIL DIANTARA ANAK-ANAK

Sebagian orangtua ada yang sengaja memberikan perhatian khusus dan istimewa kepada sebagian anak mereka. Anak-anak tertentu diberikan berbagai fasilitas, semua kebutuhannya dipenuhi, segala perilakunya dipuji, sedang anak yang lainnya diperlakukan sebaliknya. Tak jarang, ibulah yang sering melakukan hal seperti ini.

Perbuatan seperti itu kurang baik dan dapat menimbulkan dosa jika perbuatan tersebut dilakukan tidak dengan alasan yang benar. Alasan seperti, anaknya sedang sakit, banyak utang sehingga kesulitan membayarnya, tidak memiliki pekerjaan, memiliki keluarga besar, atau sedang menuntut ilmu. Jika dalam keadaan-keadaan seperti ini, perbuatan tersebut dibolehkan. Hal-hal semacam ini dilarang karena dapat menimbulkan banyak efek samping berikut ini :
  • Timbulnya kecemburuan diantara anak
  • Menimbulkan permusuhan
  • Membuat anak yang selalu diistimewakan memiliki sifat manja, gila pujian dan senang atas - penderitaan orang lain
  • Timbulnya rasa kecewa pada anak yang selalu tidak diistimewakan
  • Anak yang kurang diperhatikan akan cenderung tidak memiliki rasa utang budi dan rasa cinta yang besar kepada orang tua, sehingga merasa tak perlu berbuat baik kepada orang tua.


5. MENGGUGURKAN KANDUNGAN / ABORSI

Mari kita simak Firman Allah SWT dalam Q.S Al-Isra’ ayat 31.

Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu Karena takut kemiskinan. kamilah yang akan memberi rezki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.

Ayat diatas adalah penjelasan yang sangat jelas dan tegas dari Allah tentang membunuh anak atau aborsi ini. Kondisi kemiskinan atau kekhawatiran akan tantangan kehidupan bisa memaksa seseorang untuk melakukan aborsi. Ada juga melakukannya dengan motif lain, seperti takut menanggung malu karena telah melakukan perbuatan zina.

6. BERGUNJING / GOSIP

Bergunjing adalah salah satu perbuatan tercela yang sangat dilarang oleh agama. Mengenai pengertian bergunjing, Rasulullah Saw bersabda :

“Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaibah dan Ibnu Hujr mereka berkata; Telah menceritakan kepada kami Isma’il dari Al A’laa dari Bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bertanya: “Tahukah kamu, apakah ghibah itu?” Para sahabat menjawab; ‘Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.’ Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai.’ Seseorang bertanya; ‘Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan? ‘ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: ‘Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah menggunjingnya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan terhadapnya.” (H.R Muslim)

Perbuatan gunjing ada bermacam-macam, bisa menyangkut jasmaniyyah, agama, kekayaan, hatinya, akhlaknya, bentuk lahiriahnya dan lain sebagainya. Banyak orang, terlebih kaum wanita yang menganggap bahwa perbuatan menggunjing adalah persoalan yang biasa dan remeh. Padahal dalam Al-Qur’an Allah telah jelas menyampaikan dalam Q.S Al-Hujurat ayat 12.

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), Karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al-Hujurat:12)

7. Berlagak Sok Wanita Shalihah / WANITA SHALEHAH PALSU

Seorang Wanita yang sok shalihah adalah wanita-wanita yang ketika berada di keramaian/banyak orang, ia menunjukkan sikap yang sangat baik dan taat sekali terhadap agama. Tetapi ketika ia sendirian, ia melepaskan hal itu semua, ia berubah menjadi wanita yang amat berani melanggar ajaran agama. Wanita ini bersikap layaknya wanita shalihah, mulai dari pakaian yang ia pergunakan, sampai kepada menunjukkan ibadah-ibadah yang ketika ia sendirian tidak pernah dilakukannya.

Wanita-wanita seperti ini sangatlah dibenci oleh Allah SWT, ia menyimpan keburukan dan kebusukkan dibalik kerudung dan bajunya. Ia takut orang lain mengetahui keadaannya yang sebenarnya, keburukan yang sering ia lakukan, sehingga disembunyikan dengan berlagak sok wanita sholehah. Kita semua memang mengharapkan banyaknya wanita sholehah, karena akan membuat ketentraman dunia. Hal itu hanya akan terwujud oleh wanita shalehah yang sejati, bukan oleh wanita shalehah PALSU.

Itulah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai 7 Dosa Wanita yang Paling Dibenci Allah. Semoga dengan mengetahui dosa-dosa diatas, dapat memberikan kesadaran kepada diri kita agar selalu berhati-hati dalam berbuat dan berpenampilan. Silahkan share atau bagikan artikel ini jika dianggap penting. Terima kasih dan semoga bermanfaat.