Bacaan Doa Niat Berpuasa Ramadhan, Doa Berbuka Puasa Beserta Artinya

Banyak informasi Islami yang kita sajikan di dalam blog al-Qur'an pedoman kita ini, salah satunya adalah artikel yang akan kami bagikan mengenai doa niat berpuasa ramadhan dan doa berbuka puasa beserta artinya. Seperti telah kita ketahui bersama kalau melaksanakan beribadah puasa dibulan romadhon adalah rukun islam yang keempat, pastinya untuk orang yg tidak melakukan tanpa ada ada sebabnya yang berat jadi bakal memperoleh siksaan.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2017 1438 H


Bulan suci ramadhan adalah satu di antara nama bulan yang penuh keberkahan serta pengampunan menurut kalender Islam, tiap-tiap bulan ramadhan semuanya umat muslim dipenjuru dunia diharuskan untuk melakukan beribadah saum atau puasa sebulan penuh untuk yang telah masuk akil baligh terkecuali orang yang tengah betul-betul sakit maupun tengah dalam perjalanan.

Alloh SWT telah berfirman dalam alquran surat Al-Baqarah ayat183-185 tentang kewajiban umat muslim dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan yakni:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ. أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ.

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Wajib bagi orang-­orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa), membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya. Berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-­penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Oleh karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia ber­puasa pada bulan itu, dan barangsiapa yang sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggal­kan itu pada hari-hari yang lain. Allah meng­hendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak meng­hendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangan (bulan) itu dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberi­kan kepada kalian supaya kalian bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: ayat 183-185)


Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Hukum puasa Ramadhan

Kita sudah ketahui bahwasanya hukum melaksanakan puasa sebulan penuh pada bulan ramadhan adalah Wajib. Puasa Ramadhan artinya menahan diri daripada makan dan minum serta segala perbuatan yang boleh membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar sehinggalah terbenam matahari pada bulan Ramadhan. Semoga menjadi harapan kita agar kesemua nilai yang baik ini akan terus dipraktikkan ke bulan-bulan berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga kita semua tergolong kaum yang diberikan kenikmatan dan keberkahan di bulan suci ramadhan.