Bagaimana Sih Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakutuhu saudara muslimin dan muslimat, sebentar lagi kita semua akan menyambut bulan yang penuh rahmat dan ampunan yaitu bulan Ramadhan. Yang dimana dalam satu bulan penuh kita semua yang beragama Islam wajib hukumnya yang sudah baligh untuk melaksanakan ibadah puasa. Beberapa tahun yang lalu kita dalam penyambutan Ramadhan semakin menurun dan sepi, sama halnya penyambutan bulan-bulan lainnya. Tidak ada hal yang spesial menyambut bulan yang penuh rahmat.

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2018

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci, memang kita harus ramai-ramai bikin acara ini dan itu dalam penyambutannya. Dikarenakan bulan Ramadhan memang bukan bulan untuk keramaian, melainkan kebahagiaan dan anugerah. Yang dimana dibulan tersebut kita bisa banyak-banyak melakukan amal kebaikan. Jadi, esensi menyambut bulan Ramadhan yaitu kita semua siap untuk bertemu demi mendapatkan kesempatan mencari pahala sebanyak-banyaknya. 

Berikut yang kita akan dapatkan di bulan Ramadhan:

Amal yang kita lakukan akan dilipat gandakan. Jadi ibadah yang kita lakukan dengan ikhlas dibulan suci ini termasuk perbuatan amal ini digandakan pahalanya oleh Allah SWT, berikut Hadistnya:

Dari Salman Al-Farisy radhiyallahu ‘anhu yg diriwayatkan secara marfu’, “Siapa yg mengerjakan amal sunnah meski kecil, sama seperti orang yg mengerjakan amal fardhu. Siapa yg mengerjakan amal fardhu, seperti mengerjakan 70 amal fardhu.” (Hadis Riwayat: Al-Baihaqi)

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu yg diriwayatkan secara marfu’, “Sedekah yg paling afdhal adl yg diberikan di bulan Ramadhan.” (HR Tirmizy)

Kesempatan yang baik ini apakah kita akan sia-siakan?. Tentunya tidak dong. Mari kita saling berlomba-lomba dalam kebaikan.

Setan dan Iblis dikunci di bulan Suci Ramadhan. Hal ini tidak menghilangkan sisi godaan berbuat jahat pada bulan ramadhan yang dimana sehat yang sering menggoda kita sudah dikunci pada bulan ramadhan. Sejatinya ada setan lain yang ada pada diri manusianya sendiri yang belum terkunci. Bagaimana caranya? caranya adalah banyak-banyaklah beribadah dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Ramadhan Adalah Bulan yang menjauhkan kita dari Api Neraka. Di dalam bulan suci ini, Allah SWT telah menjanjikan kepada hamba yang melakukan amal-amal yang dapat membuat orang akan terhindar dari siksa api neraka. Yang dimaksud Amal itu adalah memberi ifthar kepada sesamaa yang sedang menjalankan ibadah puasa. Mereka yang melaksanakannya akan dijanjikan selamat dari siksa api neraka.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mempunyai sejarah penting. Kita pasti sudah tahu bahwa al-Qur'an pertama diturunkan. Dan Ibadah tersebut kita kenal dengan Malam Lailatul Qadar yakni nilai baik dari seribu bulan. Dalam bulan ramadhan ini pula menjadi sejarah negara Indonesia yang kita cintai ini, yang dimana sejarah kemerdekaan pada tahun 1945 yang bertepatan di bulan ramadhan.

Mari kita lihat sejarah besar didunia yang bertepatan pada bulan suci ramadhan, antara lain:
  1. Peristiwa Perang Badar Al-Kubra (17 Ramadhan 2 H / 13 Maret 623 M)
  2. Sejarah Pembebasan kota Makkah (21 Ramadhan 8 H - 11 Januari 630 M)
  3. Sejarah Bebasnya Mesir & masuknya dakwah Islam di bawah pimpinan Amru bin Al-Ash (1 Ramadhan tahun 2 H - 26 Pebruari 624 M)
  4. Peristiwa Perang Tabuk (8 Ramadhan 9 H - 18 Desember 630 M)
  5. Sejarah Bebasnya Baitul Maqdis & diserahkan kuncinya kpd Khalifah Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu (13 Ramadhan 15 H - 18 Oktober 636M)
  6. Peristiwa Kemenangan umat Islam atas dinasti Sasanid, penguasa Persia setelah berhasil membunuh Kaisar Yazdajar III & berakhirnya kemaharajan Persia (23 Ramadhan 31 H - 625 M)
  7. Sejarah tahkim dimana Ali & Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhuma berdamai (3 Ramadhan 37 H - 11 Februari 658 M)
  8. Sejarah bebasnya negeri Sind dari pasukan India di bawah pimpinan Muhammad bin Al-Qashim (6 Ramadhan 63 H - 14 Mei 682 M)
  9. Sejarah Awal bebasnya negeri Andalusia di bawah pimpinan Tarif bin Malik Al-Barbari (1 Ramadhan 91 H - 710 M)
  10. Peristiwa berdirinya Daulah Abbasiyah, khilafah kedua setelah Daulah Umayah (2 Ramadhan 132 H - 13 April 750 M)
  11. Sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah II di Spanyol (12 Ramadhan 331 H - 9 Mei 943 M)
  12. Peristiwa Peletakan Batu Pertama Universitas Al-Azhar Mesir sbg masjid & universitas (14 Ramadhan 359 H - 20 Juli 970 M) 19 Ramadhan 1375 M
Itulah ulasan yang kami berikan kepada anda mengenai cara menyambut bulan ramadhan untuk saudara semua. Semoga dalam bulan suci ramadhan ini kita semua diberikan kesehatan dan semoga ramadhan berikutnya kita bertemu kembali. Amiin

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah menjadi pembaca blog kami ini. Jangan lupa baca artikrel penting lainnya untuk bahan referensi anda. Silahkan anda bagikan artikel ini kepada saudara yang lain melalui akun medsos anda jika artikel ini penting.