Sejarah Ilmu-Ilmu Al-Qur'an Pada Masa Al Khulafaur Rasyidin

Perkembangan Ilmu-ilmu al-Qur'an pada masa pemerintahan Abu Bakar ra. dan Umar bin Khatab ra. tidak jauh berbeda dengan al Quran masa Rasulullah Saw, yang artinya penyampaiannya bersifat Musyaafahah atau dari mulut ke mulut dan terintegrasi ke dalam sikap terhadap al-Qur'an.

Al-Qur'an Pada Masa Al Khulafaur Rasyidin
Image by. livehdwallpaper

Pada pemerintahan kedua sahabat Nabi Saw, tafsir masih juga belum terkondifikasi secara tersendiri. Tradisi tafsir juga masih bersifat hafalan dan periwayatan. Dan Pada Masa Usman bin Affan (wafat 18 Dzulhijjah 35 H), mulailah bangsa Arab bergaul dengan bangsa 'Ajam (selain Arab) melalui berbagai perluasan wilayah Islam dipenjuru dunia. Sebab inilah yang mendorong beliau menyalin dan mengumpulkan al-Qur'an kembali dan memerintahkan seluruh umat Islam saat itu berpegang pada mushaf usmani.

Intruksi Sahabat Usman tersebut tidak hanya berpegang pada mushaf usmani dari sisi qiraatnya, tetapi dari sisi penulisannya. Penulisan al-Qur'an pada masa Sahabat Usman mempunyai keistimewaan dibanding penulisan yang pernah terjadi sebelumnya. Salah satu kelebihannya, rasm (tulisan)nya terkandung 7 qiraat masyhuurah (tujuh bacaan al-Qur'an yang paling populer) yang pernah diajarkan Nabi Muhammad Saw, menurut pendapat Jumhur.

Sekalipun ada yang berpendapat bahwa setiap mushaf yang disalin pada masa Usman masing-masing ditulis mengacu pada satu bacaan tertentu dan dikirim ke kota sesuai dengan bacaan sahabat yang dikirim untuk mengajarkan al-Qur'an di kota tersebut. Inilah awal munculnya "Ilmu Qira'at", yaitu ilmu yang mempelajari ragam bacaan al-Qur'an.

Selain itu, pada masa Usman tepatnya momen penulisan al-Qur'am inilah awal munculnya kajian terhadap ilmu-ilmu al-Qur'an, yaitu ilmu Rasmil Quran atau ilmu Rasmil Usmany. Ilmu yang mempelajari seluk beluk penulisan al-Qur'an. 


Pada Masa Ali Bin Abi Thalib ra, terjadi pembubuhan titik sebagai tanda baca. Beliau mengintruksikan kepada Abul Aswa Ad Dualy untuk melaksanakan tugas tersebut. Secara tidak langsung, Ali ra telah meletakan dasar salah satu cabang ilmu yang membahas al-Qur'an dari sisi tata bahasanya. Selanjutnya silahkan baca di Masa Pembukuan Al Qur'an.

Demikian ulasan mengenai Sejarah Ilmu-Ilmu Al-Qur'an Pada Masa Al Khulafaur Rasyidin yang admin berikan kepada saudara semua, semoga dapat memberikan wawasan tentang al quran. Terima kasih

Sumber: Ziyad Ul Haq