Jumlah Surat, Ayat, Dan Juz Di Dalam Al Quran | Kajian Numerik

Mungkin dibenak saudara semua, artikel ini memang kurang penting untuk dibahas. Kebanyakan orang muslim pasti sudah tahu dengan apa yang mau disampaikan oleh admin mengenai ulasan Jumlah Surat, Ayat, Dan Juz Di Dalam Al Quran. Tapi disisi lain masih ada beberapa orang yang hanya bisa membacanya tanpa mengetahui jemlah surat, ayat dan juz didalam al Qur'an. Dalam kesempatan ini admin memberikan ulasan bukan hanya total jumlah semata, namun saudara semua harus tahu dibalik dari jumlah surat, ayat, dan juz dalam al Quran itu sendiri. Mari kita simak artikelnya lengkapnya dibawah ini: 

Yang pertama pembahasan mengenai Jumlah Surat dalam Al Qur'an. Sudah pasti kita ketahui bahwasanya jumlah surat pada al qur'an ada 114 surat. Tapi ternyata hal ini dapat dijelaskan dari pengurian lafadz al Qur'an itu sendiri, yaitu:

- Nilai Lafadz Al Quran adalah : 88
- Dengan perhitungan sistem turunan 1, nilai 88 dijumlahkan kedua variabelnya : 8 + 8 = 16
- Dengan perhitungan sistem turunan 2, nilai 88 dikalikan ke dua variabelnya : 8 + 8 = 64, lalu kedua variabel barunya (6 dan 4) dijumlahkan kembali, sehingga diperoleh nilai : 6 + 4 =10
- Nilai pada sistem turunan 1 + nilai pada sistem turunan 2 : 16 + 10 = 26
- Kembali kepada nilai awalnya (88), dijumlahkan dengan hasil nilai 26 : 88 + 26 = 114 : Jumlah surat di Al Quran.
- Tentunya bukan sebuah kebetulan ternyata Qs. 88-AlGhasyiyah berjumlah 26 ayat.

pembuktian jumlah surah al quran


Untuk lebih mudahnya dapat dilihat pada skema pada gambar di bawah ini :

Jumlah Surat Makiyah dan Madaniyah Dengan Perhitungan Numerik :

Sama halnya dengan jumlah 114 surat di Al Quran, pemilahan surat berdasarkan kelompok surat Makiyah dan Madaniyah, pun sudah diketahui bersama. Namun dengan metode numeriknya, Al Quran dapat membuktikan hal ini dengan perhitungan yang sederhana, yaitu :

Sebelumnya telah diperoleh nilai 88 (nilai dari Lafadz Al Quran) dan nilai 26 yang merupakan jumlah ayat dari Qs. 88-Al Ghasyiyah yang dibahas diatas. 

Nilai 88, dipilah menjadi dua  : 8 – 8
Nilai 26, di pilah menjadi dua : 2 – 6

Lalu ke empat nilai tersebut disusun letaknya seperti bentuk persegi. Dimana bagian atas terdapat nilai 8 dan 8, sedangkan bagian bawahnya adalah nilai 2 dan 6.Dengan mengambil arah gerak searah jarum jam, maka akan diperoleh sebuah kombinasi nilai, yaitu : 86 dan 28. Nilai 86 mewakili jumlah kelompok surat Makiyah dan 28 mewakili kelompok surat Madaniyah.
Dengan bentuk skema / gambar di bawah ini, dapat terlihat lebih jelas sistematika pembentukannya: 



Jumlah Ayat Al Quran Dengan Perhitungan Numerik:

Lain halnya dengan 2 perhitungan sebelumnya (114 surat di Al Quran & kelompok Makiyah-Madaniyah). Tentang jumlah ayat Al Quran, masih sebagian besar ummat Islam masih belum tahu tentang jumlah yang sesungguhnya. Karena dalam pemahaman yang sudah ditanamkan sejak usia bangku sekolah, jumlah ayat Al Quran adalah 6666 ayat, tanpa adanya penjelasan dari manakah nilai itu bersumber. Padahal bila dibuktikan dengan cara menghitung satu persatu jumlah ayatnya dari Qs. 1-Al Faatihah s.d. Qs. 114-An Naas, jumlahnya adalah 6236 ayat. Namun sekali lagi, biarlah Al Quran sendiri yang menjawab masalah ini dengan nilai-nilai numerik yang terkandung di dalamnya :
  • Sama dengan konsep sebelumnya, dasar rujukannya adalah dari menjabarkan lafadz Al Quran.
  • Namun kali ini, perlu diperhitungkan rumus yang disediakan pada Qs. 89-Al Fajr ayat 3 (Demi yang Genap dan yang Ganjil).
  • Lafadz Al Quran terdiri dari nilai : 31 – 21 – 10 – 1 – 25. Kedua nilai awalnya (31 dan 21) adalah bilang Ganjil. Begitu juga dua nilai akhirnya (1 dan 25). Sedangkan titik tengahnya (nilai 10), satu-satunya nilai Genap.
  • Seperti konsep Salam pada Shalat, ada sebuah pesan tentang pergerakan ke Kanan dan ke Kiri, maka nilai 10 (titik tengah), ditambahkan kepada nilai di sisi kanannya : 10 + 31 + 21 = 62
  • Kemudian, kembali nilai 10 (titik tengah) dijumlahkan kepada nilai di sisi kirinya : 10 + 1 + 25 = 36.
  • Dari dua nilai baru : 62 dan 36, digabungkan menjadi 4 digit yaitu : 6236. (Nah itulah jumlah ayat dalam al Qur'an)

pembuktian jumlah ayat al quran


Jumlah Juz didalam Al Quran :

Berlanjut dengan sistem perhitungan pada pembuktian jumlah ayat Al Quran, diperoleh nilai 62 dan 36. ke empat variabel ini kembali diuraikan perhitungannya dengan metode :

Nilai 62, kedua variabelnya di kalikan : 6 x 2 = 12
Nilai 36, kedua variabelnya di kalikan : 3 x 6 = 18
Lalu, kedua nilai yang baru (12 dan 18) dijumlah kan : 12 + 18 = 30, atau sama dengan jumlah juz di Al Quran.

pembuktian jumlah juz al quran


Dengan apa yang sudah dipaparkan Mungkin timbul pertanyaan, mengapa nilai 6 , 2, 3 dan 6 itu tidak dijumlahkan? Tentu boleh saja dijumlahkan, sehingga menjadi: 

6 + 2 = 8 dan 3 + 6 =9. 

Apakah maksud dari nilai 8 dan 9 ini? Memang kedua nilai ini tidak terkait sebagai jumlah ayat Al quran. Tapi ia berkaitan erat dengan nilai pada 17 Rakaat Shalat, yaitu : 8 rakaat yang dikerjakan pada siang hari dan 9 rakaat yang dikerjakan pada waktu menjelang malam hingga subuh. Lantas apa hubungannya dengan Al Quran ? Insya Allah, untuk hal ini akan dipaparkan lebih lanjut pada materi tersendiri, yang akan menjelaskan betapa nilai-nilai numerik yang terkandung pada ritual Shalat, adalah merupakan salah satu kunci utama dalam membuka gerbang-gerbang ilmu di Al Quran. 

Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat. (sumber: belajar numeril quran)