Pengertian Mushaf Al-Qur'an Dan Ciri Format 18 Baris Setiap Halamannya

Pengertian Mushaf dalam kamus Lisanul Arab dan Al-Mu'jam Al-Wasith menyatakan dinamakan benda itu mushaf karena bersifat ushifa, yaitu nama untuk benda yang dituliskan padanya kalamullah dan diapit oleh dua sisinya. (ismum lil maktubati fihi kalamullah ta'ala bainad duffataini). Dan Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan mushaf Al-Quran adalah benda yang tertulis di atasnya huruf-huruf Arab berupa ayat-ayat Al-Quran. Hal ini sebagaimana yang kita baca dari pengertian mushaf menurut kitab Hasyiyatu Ad-Dasuqi 'ala Syarhil Kabir jilid 1 halaman 125. Keterangan seperti ini dapat kita lihat pada kitab Al-Qolyubi (Syarhil Minhaj jilid 1 halaman 35).

Pengertian Mushaf al quran 18 baris

Di kitab tersebut dijelaskan bahwa untuk bisa disebut mushaf, tidak ada aturan hanya berupa tulisan ayat Al-Quran sebanyak 30 juz. Potongan satu dua ayat pun sudah termasuk mushaf. Mushaf itu secara fisik tidak terbatas hanya pada buku atau kertas, melainkan juga bisa saja berbentuk benda-benda lain seperti batu, kayu, kulit binatang, pelepah kurma, tulang atau apa pun juga.

Al-Qur'an terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat menurut riwayat Hafsh, 6262 ayat menurut riwayat ad-Dur, atau 6214 ayat menurut riwayat Warsy. Secara umum, Al-Qur'an terbagi menjadi 30 bagian yang dikenal dengan nama juz. Pembagian juz memudahkan mereka yang ingin menuntaskan pembacaan Al-Qur'an dalam kurun waktu 30 hari. Terdapat pembagian lain yang disebut manzil, yang membagi Al-Qur'an menjadi 7 bagian.

Nah penjelasan diatas mewakili admin untuk membagikan ulasan mengenai pengertian dari Mushaf Al Quran yang sebagaimana mengambil dari sumber yang terpecaya. Dalam artikel ini juga admin akan membagikan ciri mushaf Al Quran 18 Baris dalam setiap halamannya, silahkan cermati gambar-gambar dibawah ini berikut dengan keterangan dalam setiap gambarnya.

Pada Gambar 1. Perbandingan gambar dibawah ini adalah pada format setiap halaman, yaitu 15 baris dan 18 baris.

Al Quran 18 Baris 1

Pada gambar 2. Penempatan yang Simetris Pada Halaman 482 dan 483. Total ayat 6236, jumlah surah 114, juz 30, Manzil 7, Jumlah tanda 'Ain ada 558, Halaman per Juz 16 terkecuali pada juz 1 dan juz 30 (jumlah seluruh halaman 484 - dari 2 sampai 485, halaman 482 dan 483 tersusun simetris.

Al Quran 18 Baris 2

Susunan surat Al-Qur'an yang hanya berada pada 1 baris, yaitu surat At- Taubah, Al-Hijr, dan An Naml.

surat At- Taubah, Al-Hijr, dan An Naml

Setiap akhir pada halaman Al-Qur'an habis dalam 1 ayat, terkecuali pada halaman 484 Yaitu surat AL-Lahab.

halaman 484 Yaitu surat AL-Lahab

Pada awalan Juz Dicetak Tebal, lihat gambar dibawah ini.

Awal Juz al quran Cetak Tebal

Berikut ulasan mengenai Pengertian Mushaf Al-Qur'an Dan Ciri Format 18 Baris Setiap Halamannya yang admin al-Qur'an, semata-mata hanya mengajak diri sendiri dan sobat semua agar selalu menjadikan al-Qur'an sebagai pedoman. Dan bukan hanya itu juga, al-Qur'an dapat kita baca, dimengerti, dan kita amalkan atau ajarkan kepada saudara kita yang belum bisa membacanya. Terima kasih sudah menjadi bagian dari kami semoga artikel kami dapat bermanfaat.