25 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan dari Hadits Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad Saw adalah Nabi akhir jaman yang menjadi junjungan kita semua sebagai ummat Muslim. Banyak sekali hadits beliau yang isinya terkandung kata yang bijak dan menyentuh hati. Hal tersebut dapat menjadikan panutan dalam menjalani kehidupan didunia ini. Selain pedoaman hadist Nabi Muhammad Saw, kita sebagai umat Islam yaitu memakai pedoman kitab Al-Qur'an yang isinya adalah Firman Allah SWT.

25 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan dari Hadits Nabi Muhammad SAW

Nah pada kesempatan ini kami membagikan beberapa hadits Nabi Saw mengenai kunci kebahagiaan dan kesuksesan yang kami kutip dari beberapa hadits yang shohih. Semoga pembaca setia blog ini mendapatkan sesuatu atau motivasi yang terkandung dari beberapa hadits dibawah ini. Simak secara tuntas ya sobat...

1. طلبتُ الجنة، فوجدتها في السخاء

“Aku mencari surga, maka aku temukan pada kedermawanan”.

2. و طلبتُ العافية، فوجدتها في العزلة

“Aku mencari Afiyah (keselamatan dari bencana dan kesulitan) maka aku temukan dalam menyendiri (mengisolasi diri dari keramaian yang tak berguna)”.

3. و طلبت ثقل الميزان، فوجدته في شهادة «ان لا اله الا الله و محمد رسول الله

“Aku mencari beratnya timbangan amal, maka aku dapatkan dalam bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya”.

4. و طلبت السرعة في الدخول الي الجنة، فوجدتها في العمل لله تعالي

“Aku mencari kesegeraan dalam memasuki surga, maka aku dapatkan pada amal kebajikan semata demi Allah SWT”.

5. و طلبتُ حب الموت، فوجدته في تقديم المال لوجه الله

“Aku mencari cinta pada kematian, maka aku mendapatkan pada mengajukan (mengirm pahala sedekah) harta demi mengharap ridha Allah SWT”.

6. و طلبت حلاوة العبادة، فوجدتها في ترك المعصية

“Aku mencari manisnya ibadah, maka aku temukan dalam meninggalkan maksiat”.

7. و طلبت رقة القلب، فوجدتها في الجوع و العطش

“Aku mencari kelembutan hati, maka aku dapatkan dalam rasa lapar dan dahaga”.

8. و طلبت نور القلب، فوجدته في التفكر و البكاء

“Aku mencari cahaya hati, maka aku temukan dalam pikiran”.

9. و طلبت الجواز علي الصراط، فوجدته في الصدقة

“Aku mencari restu untuk melewati jembatan pemeriksaan (shirat), maka aku temukan dalam sedekah”.

10. و طلبت نور الوجه، فوجدته في صلاة الليل

“Aku mencari cahaya wajah, maka aku dapatkan dalam shalat malam”.

11. و طلبت فضل الجهاد، فوجدته في الكسب الحﻻل للعيال

“Aku cari keutamaan jihad maka aku dapatkan dalam mencari rizki yang halal untuk keluarga”.

12. و طلبت حب الله عزوجل، فوجدته في بغض أهل المعاصي

“Aku cari kecintaan Allah maka aku dapatkan dalam membenci pelaku maksiat“.

13. و طلبت الرئاسة، فوجدتها في النصيحة لعبادالله

“Aku cari kepemimpinan maka aku dapatkan dalam tulus menasihati hamba-hamba Allah“.

14. و طلبت فراغ القلب، فوجدته في قلة المال

“Aku cari ketenangan hati maka aku dapatkan dalam sedikitnya harta”.

15. و طلبت عزائم الامور، فوجدتها في الصبر

“Aku mencari perkara-perkara yang teguh maka aku dapatkan dalam kesabaran”.

16. و طلبت الشرف، فوجدته في العلم

“Aku mencari kemuliaan maka aku dapatkan dalam ilmu”.

17. و طلبت العبادة فوجدتها في الورع

“Aku mencari ibadah maka aku dapatkan dalam Wara’ (kehati-hatian dalam agama)”.

18. و طلبت الراحة، فوجوتها في الزهد

“Aku mencari ketentraman maka aku dapatkan dalam kezuhudan”.

19. و طلبت الرفعة، فوجدتها في التواضع

“Aku mencari ketinggian maka aku temukan dalam kerendahan hati”.

20. و طلبت العز، فوجدته في الصدق

“Aku mencari kejayaan maka aku temukan dalam kejujuran”.

21. و طلبت الذلة، فوجدتها في الصوم

“Aku mencari kerendahan/keterhinaan maka aku dapatkan dalam berpuasa”.

22. و طلبت الغني، فوجدته في القناعة

“Aku mencari kekayaan maka aku dapatkan dalam Qana’ah (kepuasaan dengan apa yang telah Allah anugerahkan_red)”.

23. و طلبت الانس، فوجدته في قراءة القرءان

“Aku mencari ketentraman maka aku dapatkan dalam membaca Al Qur’an”.

24. و طلبت صحبة الناس، فوجدتها في حسن الخلق

“Aku mencari persahabat dengan manusia maka aku dapatkan dalam keindahan budi pekerti”.

25. و طلبت رضي الله، فوجدته في برالوالدين
“Aku mencari keridhaan Allah maka aku dapatkan dalam BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA”.

Tak seharusnya kita berputus asa dan menyerah dalam menjalani hidup ini dikala kita sedang mengalami kegundahan hati atau masalah yang kita anggap berat. Percayalah saudaraku semua, tak ada suatu peristiwa atau masalah yang sedang dihadapi yang tidak dapat diselesaikan. Dan dalam suatu masalah pasti ada kebaikan sesudahnya.

Demikianlah beberapa hadis Nabi Muhammad Saw yang kami bagikan diatas. Semoga dengan kita terus berpedoman dengan al-Qur'an dan hadits, Insyaallah hidup kita akan bahagia. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga dapat diambil hikmahnya. Silahkan untuk saudaraku jika artikel ini anda bagikan ke media sosial.