Hukum Alif Lam Syamsiyah Dan Alif Lam Qomariyah Beserta Contohnya

Al-Qur'an Pedoman Kita - Sudah kita ketahui semua, bahwasanya dalam membaca al-Quran itu harus adanya belajar atau mempelajari. Bukan hanya tahu artinya, tapi harus tahu tentang cara membaca dan tahu akan hukum bacaan al-Qur'an. Yang kita kenal dengan ilmu Tajwid. Dan pada kesempatan ini kami berbagi informasi tentang ilmu membaca al-Qur'an dengan baik dan benar dengan tema Alif lam Syamsiyah dan Qomariyah.

Hukum bacaan Alif Lam

Pada artikel kali ini, mari kita belajar dan mengetahui tentang hukum bacaan Alif syamsiyah dan Alif Qomariyah. Setelah anda mempelajari tentang materi ini diharapkan dapat mendefinisikan mengenai pengertian hukum bacaan alif lam qamariyah dan Syamsiyah, membedakan hukum bacaan alif lam qamariyah dan syamsiyah, serta menunjukkan contoh-contoh bacaan alif lam qamariyah dan syamsiyah.

Pengertian Alif Lam Qomariyah Dan Alif Lam Syamsiyah

1. Alif Lam Qomariyah

Pengertiannya adalah alif lam sukun yang bertemu dengan salah satu huruf qamariyah dan dibacanya jelas/idzhar. Adapun jumlah huruf qamariyah itu ada 14. Keempat belas huruf qamariyah tersebut yaitu:

Jumlah huruf qamariyah itu ada 14

Hukum membaca alif lam qamariyah harus jelas/idzhar. Artinya disini adalah apabila alif lam bertemu dengan salah satu huruf qamariyah, suara lam dibacanya jelas atau diucapkan (tidak hilang) saat membacanya. Cara membaca seperti ini dinamakan idzhar qamariyah. Mari kita simak dibawah ini cara membaca alif lam qamariyah.

Cara membaca alif lam qamariyah 1

Cara membaca alif lam qamariyah 2

Cara membaca alif lam qamariyah 3

2. Alif Lam Syamsiyah

Pengertian dari Alif lam syamsiyah yaitu alif lam sukun yang bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah dan dibacanya lebur/idhgam. Adapun jumlah huruf syamsiyah itu ada 14. Keempat belas huruf syamsiyah tersebut yaitu:

huruf syamsiyah itu ada 14

Hukum bacaan dari Alif lam syamsiyah dibacanya adalah lebur/idhgam. Artinya disini adalah ketika alif lam bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah, suara alif lam dibacanya lebur. Hal ini biasanya diperjelas dengan mencantumkan harakat syiddah. Cara membaca seperti ini disebut idhgam syamsiyah. Cara membaca seperti ini disebut idhgam syamsiyah. Mari simak dibawah ini contoh cara membaca alif lam syamsiyah.

cara membaca alif lam syamsiyah

cara membaca alif lam syamsiyah

cara membaca alif lam syamsiyah 3

PERBEDAAN MEMBACA ALIF LAM SYAMSIYAN DENGAN ALIF LAM QOMARIYAH

Ada beberapa perbedaan yang sobat ketahui dalam pembacaan alif lam syamsiyah dan qomariyah ini. Mari simak perbedaan tersebut dengan melihat gambar dibawah ini. Anda bisa mencatatnya, atau bisa juga salin artikel ini langsung. Agar sobat dapat memperlajarinya kembali dirumah.

Perbedaan bacaan Alif Lam Syamsiyah Dan Alif Lam Qomariyah

Itulah yang kami bagikan kepada sobat semua mengenai apa itu alif lam syamsiyah dan qomariyah. Sobat semua telah mempelajari tentang hukum-hukum bacaan alif lam qamariyah dan alif lam syamsiyah. Yang pasti sobat sudah memahaminya yah? Coba sobat terapkan hukum bacaan alif lam qamariyah dan alif lam syamsiyah ini pada saat tadarusan atau sedang membaca al-qur'an. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung diblog kami.