Doa Mandi Wajib Lelaki Beserta Tata Caranya | Niat Mandi Junub

Doa Mandi Wajib Lelaki - Sebagian umat muslim pasti tidak luput dari sebuah hadas, baik itu kecil ataupun besar. Hadas sendiri merupakan keadaan yang tidak suci dan dapat menghalangi seorang muslim untuk melaksanakan salat ataupun tawaf. Bagi kaum laki-laki sendiri, hadas sering kali dijumpai pada saat mengalami mimpi basah. Terkadang orang menyepelehakan permasalahan yang satu ini. mengenai Mandi wajib atau janabah, atau junub adalah mandi yang dilakukan ketika kita mengalami mimpi basah atau habis bersenggama.

Doa Mandi Wajib Lelaki Beserta Tata Caranya

Ketika kita mengalami hal tersebut, maka sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk menghilangkan hadas dalam tubuhnya tersebut dengan cara melakukan ritual mandi wajib atau bisa dikatakan oleh banyak orang dengan mandi junub. Namun, sebelum melakukan prosesi mandi wajib tersebut Anda harus dibekali niat dan doa agar pelaksanaanya dengan sempurna dan diterima oleh ALLAH SWT, kita wajib tahu akan doa, niat dan juga tata caranya. Adapun doa untuk mandi wajib adalah sebagai berikut :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, dan (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi”. (QS : An-Nisa : 43)

Berikut Doa Mandi Wajib Lelaki Beserta Tata Caranya:

Pertama, Sebelum anda mandi atau membasuh badan terlebih dahulu membaca doa atau niat terlebih dahulu, berikut doanya: "NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA", yang artinya Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala.

Kedua, Mencuci kedua telapak tangan hingga 3x (diguyur)

Ketiga, Cuci kemaluan dan dubur dengan tangan kiri hingga bersih (3x).

Keempat, Cuci kembali kedua tangan setelah mencuci kemaluan dan dubur.

Kelima, Berniat untuk wudhu seperti halnya wudhu shalat (untuk bagian kaki di cuci setelah selesai mandi). Dahulukan yang kanan. Niat wudhu : Nawaitul wudhuu’a liraf’il hadatsil ashghari fardhan lillaahi ta’ala. Artinya : Saya berniat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah semata.

Keenam, Ambil air dan basuh ke sela-sela rambut dengan kedua tangan. Dimulai dari bagian kepala sebelah kanan kemudian yang sebelah kiri.

Ketujuh, Tuangkan air ke atas kepala sebanyak 3 kali, kemudian dilanjutkan dengan menyiramkannya ke seluruh badan.

Kedelapan, Mencuci kedua kaki sebanyak 3 kali dengan mendahulukan yang kanan. Semoga bermanfaat buat yang request juga semuanya 

Itulah pembasannya mengenai Doa Mandi Wajib Lelaki Beserta Tata Caranya yang admin berikan kepada saudara semua. Jangan lupa baca artikel yang lainnya yang tidak kalah pentingnya. Ikuti kami dan silahkan bagikan dengan bijak ya sobat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.