Tata Cara Shalat Nabi Muhammad SAW

Tata Cara Shalat - Mengenal cara sholat atau tata cara sholat sangat penting terutama umat muslim atau yang beraga Islam, karena dalam sehari semalam kaum muslimin minimal menunaikan sholat sebanyak lima kali. Sehingga permasalahan ini tidak bisa dianggap sebelah mata, karena akan terkait dengan diterima atau tidaknya amalan sholat seorang hamba. Sudah kita ketahui sesama muslim, jika shalat 5 waktu itu adalah suatu kewajiban dalam Islam.

Tata Cara Shalat

DALIL TENTANG SHALAT

Terlebih sholat merupakan ibadah yang mulia dan agung dalam syari'at islam, bahkan Allah Ta'ala menyebutkan perintah sholat setelah perintah untuk mentauhidkan Allah Ta'ala, sebagaimana dalam firman-Nya dalam Al-Qur'an yakni:

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mendirikan sholat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus." (Al Bayyinah : 5)

Demikian pula sholat merupakan salah satu rukun dari lima rukun islam, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam:

"Islam itu dibangun diatas lima perkara: Syahadatain, menegakkan sholat, menunaikan zakat, haji ke baitullah, dan puasa di bulan Ramadhan." (HR.Bukhari dan Muslim)

Terkait dengan tata cara sholat yang benar, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah menegur seseorang yang salah saat mengerjakan sholatnya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Hurairah Radiyallahu Anhu, beliau berkata:

"Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam masuk ke dalam masjid, lalu ada seseorang yang masuk ke masjid dan mengerjakan sholat, lalu ia datang dan mengucapkan salam kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab salamnya dan bersabda:

"Kembali, ulangi sholatmu, karena engkau belum sholat (dengan benar)! "

Maka orang tersebut melakukan sholatnya seperti semula. Sampai orang tersebut melakukannya tiga kali. Lalu ia berkata:

"Demi Dzat yang telah mengutusmu sebagai Nabi dengan kebenaran, saya tidak sanggup melakukan yang lebih baik dari ini, maka ajarilah saya! "

Maka Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda kepadanya:

"JIka engkau berdiri hendak melakukan sholat, (maka) takbirlah, baca apa yang mudah (yang kamu hafal) dari al Qur'an, kemudian rukuklah kamu hingga kamu tenang dalam rukukmu, lalu bangkit hingga kamu tegak berdiri, sujudlah hingga kamu tenang dalam sujud, bangkitlah hingga kamu tenang dalam duduk, lalu lakukanlah hal itu pada semua sholatmu." (HR.Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al Hakim)

Atas dasar inilah maka semestinya bagi setiap muslim untuk menelaah, mempelajari dan menunaikan sholat mereka sesuai dengan cara sholat nabi, terlebih Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah memerintahkan dan menghasung umat islam dengan sabdanya:

"Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat sholatku." (HR.Bukhari)

Masih banyak sekali pembahasan mengenai shalat ini, yang terpenting kita sebagai umat Islam jangan sampai lalai dan tidak mengerjakan Shalat 5 Waktu dalam sehari semalam. Semoga pembahasan mengenai Tata Cara Shalat Nabi Muhammad SAW diatas dapat bermanfaat dan memotivasi saya sendiri dan anda semua untuk istiqomah mengerjakan Shalat. Terima kasih